Bagaimana Memulai Mengajari Anak-Anak Bahasa Inggris Di Rumah

Di zaman globalisasi ini, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Saking pentingnya, bahkan Bahasa Internasional ini sudah diajarkan sejak usia dini, seperti PAUD dan TK. Namun, terkadang anak-anak masih sulit memahami apa yang telah di pelajarinya disekolah, dan para orang tua pun bingung bagaimana memulai mengajari Bahasa Inggris untuk anak-anaknya.

Hal yang paling penting adalah para orang tua harus membangun antusiasme anak dalam belajar Bahasa Inggris, bisa seperti dengan permainan, nyanyian, berdongeng, dan lain-lain. Namun, dalam hal ini para orang tua pun sebaiknya menguasai Bahasa Inggris, karena jika anak belum mengerti, orang tuanya bisa menerjemahkan. Tidak mengapa jika anak belum bisa berbicara Bahasa Inggris, semua perlu waktu dan mereka akan berbicara Bahasa Inggris di waktu yang tepat.


  • Belajar dengan rutin

Buatlah jadwal belajar tertentu untuk memulai belajar Bahasa Inggris, yaitu jadwal yang singkat namun sering. Kondisikan sesi belajar dengan tingkat konsentrasi anak sesuai dengan usianya. Lakukan hal-hal yang bervariasi di waktu yang sama setiap hari, seperti melakukan permainan Bahasa Inggris setelah pulang dari sekolah atau membaca buku cerita sebelum tidur.

  • Bermain games

Anak-anak lebih suka belajar sambil bermain. Seperti permainan acak huruf, dimana anak harus menyusun kembali huruf-huruf untuk menjadi sebuah kata. Sebagai contoh, menulis g-r-n-e-e dalam satu kertas dengan satu huruf lalu menyebarkannya, maka anak harus mengubah huruf-huruf tersebut menjadi kata “green”. Atau contoh yang lain para orang tua bisa mengunduh games anak yang berkaitan dengan Bahasa Inggris di Play Store, namun harus selalu dibimbing agar anak tidak sampai kecanduan smartphone.

  • Menggunakan lagu

Lagu adalah cara yang paling efektif untuk mempelajari kosakata baru. Seperti lagu alfabet “ei,bi,si,di” dan lagu “twinkle twinkle little star”. Lagu dengan gerakan sangat bagus untuk anak-anak, karena dapat mengikuti gerakan meskipun belum bisa menyanyikan lagunya. Atau bisa menonton kartun anak-anak dimana di awal mulainya selalu ada lagu, namun dengan kartun berbahasa Inggris tentunya.

* Kata-kata apa yang sebaiknya di ajarkan pertama kali?

Para orang tua bisa memulai dengan beberapa topik sederhana, seperti:
  1. Angka-angka (1-10,10-20,20-100)
  2. Warna (White, Black, Green, Red, Grey)
  3. Kata Sifat (Misalnya, besar, kecil, tinggi, senang, sedih)
  4. Bagian-bagian tubuh (Head, Eye, Nose, Mouth)
  5. Mainan (Dolls, Kite, Marbles, Seesaw)
  6. Pakaian (Dress, Pants, Jacket, Shoe)
  7. Buah-buahan (Grape, Apple, Banana, Mango)
  8. Hewan (Hewan peliharaan dan hewan liar)
  9. Makanan (Chocolate, Cookies, Donut, Candy)

Apapun teknik belajarnya, pastikan anak merasa belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan dan tidak merasa dipaksa. Maka perlahan-lahan anak akan terbiasa mendengar kosakata baru dalam Bahasa Inggris dan bisa akrab dengan Bahasa Inggris yang diajarkan kepadanya itu.

Komentar

Postingan Populer